Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kata apa yang sering digunakan sebagai salam pembuka surat dinas Halaman 262-263 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas)

  • 3 min read
  • Feb 24, 2021

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 7 Curriculum 2013 Revised 2017 What words are often used as greetings to open official letters Pages 262-263 Chapter 7 (Corresponding with Personal and Service Letters) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama JawabanPelajar.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kata apa yang sering digunakan sebagai salam pembuka surat dinas Halaman 262-263 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

2) Menelaah Penggunaan Kata/Kalimat pada Surat Dinas

Bahasa yang digunakan dalam surat dinas, sebaiknya juga bersifat resmi yaitu penggunaan bahasa Indonesia baku ragam resmi. Ada sejumlah ungkapan yang dapat digunakan untuk menyatakan permohonan maaf dengan bahasa resmi.

Jakarta, 20 Maret 2014

Hal : Keterlambatan Pengembalian Buku

Yth. Bagian Peminjaman
Badan Perpustakaan Daerah
Jalan Kapten Rivai Nomor 200
Palembang

Dengan hormat,

Terima kasih atas kartu pos yang menginformasikan kepada saya tentang habisnya batas waktu pengembalian buku yang saya pinjam. Saya benarbenar mohon maaf karena belum mengembalikan buku “Di Bawah Lindungan Kakbah” karangan Hamka setelah surat permintaan pengembalian yang pertama. Saya takut saya tidak punya alasan yang kuat yang dapat saya berikan kecuali bahwa saya lupa tentang hal itu. Mohon maaf, saya sedang tidak berada di Palembang hingga Kamis mendatang. Namun saya akan mengembalikan dua buku tersebut pada Jumat siangnya (1 Maret 2015). Semoga hal ini dapat dimaklumi. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

 

 

Harris Amrullah

Surat dinas memiliki ciri kebahasaan yang resmi untuk mengungkapkan maksud penulisan surat. Baca kembali beberapa surat dinas pada contoh di atas!

Latihan

Jawablah pertanyaan di bawah ini untuk menemukan dan memahami alasan ciri kebahasaan surat dinas!

a. Kata apa yang sering digunakan sebagai salam pembuka surat dinas?

Kata yang sering digunakan sebagai salam pembuka surat dinas adalah “Dengan Hormat”.

b. Mengapa salam tersebut yang digunakan? Apakah boleh diubah menjadi salam khas suatu agama? Misalnya asalamualaikum, salam sejahtera, dan sebagainya? Atau menggunakan salam dengan urutan waktu,misalnya selamat pagi, selamat siang, selamat malam?

Salam tersebut digunakan karena mengandung kesan netral dan menunjukkan rasa hormar dari pengirim kepada penerima surat, sebuah hal yang sangat penting dalam interaksi antarorganisasi.

Meski begitu, kata tersebut dapat diubah menjadi salam khas suatu agama. Namun, hanya jika baik pengirim dan penerima surat dinas merupakan sebuah.

Lembaga/organisasi/instansi berbasis agama. Jika hanya salah satu dari kedua pihak yang berbasis agama. Maka, penggunaan kata lain tidak dapat dibenarkan.

Adapun salam yang menggunakan urutan waktu, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam, tidak dapat dibenarkan sama sekali.

c. Kata ganti apa yang digunakan untuk mewakili penulis dalam surat dinas?

Kata ganti yang digunakan untuk mewakili penulis dalam surat dinas adalah kata ganti orang pertama.

  • Kata ganti orang pertama tunggal : Saya
  • Kata ganti orang pertama jamak : Kami

Sedangkan kata ganti yang digunakan untuk mewakili penerima dalam surat dinas adalah kata ganti orang kedua.

  • Kata ganti orang kedua tunggal dan jamak : Anda

d. Mengapa menggunaka kata ganti tersebut? Bolehkan diganti ‘saya’ atau ‘aku’?

Surat dinas adalah surat resmi yang oleh suatu instansi/organisasi ditujukan kepada suatu instansi/organisasi pula. Jadi, kata gantinya tidak boleh menggunakan “saya” ataupun “aku” karena surat dinas tidak mengandung unsur individual/pribadi.

e. Jika diamati, surat dinas menggunakan bahasa khas. Mengapa demikian? Bolehkah diganti dengan bahasa gaul?

Surat dinas digunakan dalam urusan kedinasan, jadi tidak ditujukan untuk individual. Bahasanya juga harus baku, tidak boleh menggunakan bahasa gaul. mengapa? karena hal ini digunakan sebagai alat komunikasi sesama. kemampuan dalam pemahaman bahasa baku diperlukan dalam setiap kegiatan kedinasan. karena setiap individu terdidik diwajibkan memahami bahasa baku.

Diskusikan perbedaan penggunaan bahasa dalam surat pribadi dan surat dinas!

  • Surat dinas

Bahasa surat resmi singkat, jelas, dan berpola tetap, tidak memerlukan bahasa berbunga-bunga.

  • Surat Pribadi

Dalam surat resmi lebih baku dan jelas polanya, berbeda dengan surat pribadi. Dalam surat pribadi, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu tata etika atau sopan santun. Khususnya jika menulis kepada orang yang lebih dewasa atau orang yang baru saja dikenal.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kata apa yang sering digunakan sebagai salam pembuka surat dinas Halaman 262-263 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kata apa yang sering digunakan sebagai salam pembuka surat dinas Halaman 262-263 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!