Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 2.1 Apa yang dimaksud dengan iklan Halaman 30-31 Bab 2 (Iklan, Sarana Komunikasi)

  • 6 min read
  • Apr 01, 2021

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Activity 2.1 What is meant by advertising Pages 30-31 Chapter 2 (Advertising, Communication Means) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama JawabanPelajar.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 2.1 Apa yang dimaksud dengan iklan Halaman 30-31 Bab 2 (Iklan, Sarana Komunikasi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

 

Kegiatan 2.1

A. Jawabalah!

1. Apa yang dimaksud dengan iklan?

Iklan merupakan suatu informasi dalam bentuk promosi yang memiliki tujuan agar pembaca/pendengar tertarik dengan hal yang dipromosikan.

Iklan adalah sebuah proses untuk memberikan informasi mengenai sesuatu, umumnya adalah produk-produk perusahaan, kepada masyarakat umum dengan menggunkan media tertentu dan membutuhkan sejumlah biaya tertentu.

Iklan biasanya dipromosikan lewat berbagai macam media, seperti: televisi, radio, majalah, koran, papan pengumuman, internet, dan media publikasi lainnya. Iklan dapat dikatakan sebagai alat komunikasi antara produsen dengan konsumen. Iklan ini bersifat mempengaruhi pendengar/pembacanya supaya dapat melakukan apa yang ditampilkan pada iklan.

Pengertian atau definisi iklan menurut beberapa orang yang ahli dalam bidang periklanan atau yang berhubungan dengan pemasaran.

  • Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. (Rachmat Kriyantono).
  • Iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media (Rhenald Kasali).

2. Apa fungsi iklan?

  • lklan Sebagai Pemberi Informasi

Melalui sebuah iklan yang ditayangkan di media manapun tentu Anda akan mendapatkan informasi. Tentu saja informasi tersebut berkaitan dengan sebuah produk barang atau jasa yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Dengan adanya iklan maka produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan bisa diinformasikan ke masyarakat. Ada banyak informasi yang bisa Anda peroleh melalui iklan. Misalnya saja informasi mengenai nama merek dari produk yang ditawarkan. Atau mungkin Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kom posisi produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Anda bahkan juga bisa mendapatkan informasi mengenai harga produk dan di area mana saja produk itu bisa didapatkan. Masih banyak informasi lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan adanya iklan. Jika suatu iklan menawarkan layanan dari suatu jasa maka Anda juga tetap akan mendapatkan informasi mengenai jasa yang ditawarkan tersebut. Informasi yang dipeoleh dari iklan tentunya akan semakin meningkatkan citra positif dari produk barang atau jasa yang ditawarkan.

  • lklan Sebagai Penyambung Komunikasi

Apa fungsi iklan berikutnya juga dapat dilihat dari segi komunikasi. Dengan banyaknya informasi yang bisa Anda dapatkan melalui iklan maka hal ini cukup mengaskan bahwa iklan berfungsi sebagai penyambung komunikasi. Komunikasi yang dimaksud disini adalah komunikasi antara produsen pembuat produk barang atau jasa dengan konsumen yang merupakan sasaran atau target. Konsumen tentunya diharapkan agar dapat mening katkan daya belinya melalui iklan. Dengan adanya iklan maka diharapkan agar konsumen bisa mendapatkan banyak informasi pendukung yang tentunya berkaitan dengan produk barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan melalui iklan.

Dalam sebuah iklan juga tentunya terkandung informasi mengenai cara bagaimana Anda dapat menghubungi pihak pembuat produk. Jadi Anda bisa melaku kan komunikasi dengan produsen yang membuat produk. Komunikasi antara konsumen dan produsen di era digital seperti sekarang ini bisa terjalin melalui media teknologi canggih. Misalnya melalui komputer atau telepon seluler yang terhubung pada jaringan internet. Melalui media elekt ronik inilah Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan pihak produsen pembuat produk. Anda bisa menanyakan informasi mengenai produk secara lebih detail dan sebagainya.

  • Fungsi lklan Sebagai Hiburan

Tidak hanya sebagai jembatan untuk sarana komunikasi dan memberikan informasi mengenai suatu produk saja tetapi sebuah iklan juga berfungsi sebagai hiburan. Siapa saja pasti memiliki penilaian terhadap sebuah iklan. Secara umum sebuah iklan dinilai mengandung konsep dengan nuansa yang menghibur. Memang biasanya sebuah iklan yang hadir berupa gambar dua dimensi pada media cetak memiliki warna yang mencolok dan kata-kata yang menarik.

  • Fungsi lklan Untuk Pemasaran

Sebuah iklan sudah tentu menjadi bagian dari strategi pemasaran. Oleh karena itu setiap iklan akan selalu dibuat dengan semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya itu saja tetapi melalui iklan yang menarik inilah maka masyarakat diharapkan agar dapat tertarik dan meningkat minatnya terhadap produk yang diiklan kan. Mening katnya minat masyarakat tentu akan membuat permintaan akan suatu produk menjadi naik.

Naiknya permintaan dari masyarakat atau permintaan pasar inilah yang menjadi target dari sebuah iklan. Maka dari itu apa fungsi iklan yang merupakan salah satu bentuk dari strategi pemasaran ini harus dibuat dengan sangat menarik dan bersifat persuasif. Dengan adanya iklan yang menarik maka minat pembeli bisa meningkat sehingga produk semakin laku keras di pasaran. Iklan diharapkan agar dapat merangsang konsumen untuk semakin memperhatikan suatu produk dan kemudian membeli produk. Pada dasarnya inilah tujuan utama dari sebuah iklan yaitu untuk memasarkan produk sehingga semakin laku di pasaran.

  • Fungsi Ekonomi dan Fungsi Sosial

Secara ekonomi maka sebuah iklan dinilai akan memberikan keuntungan pada berbagai pihak yaitu pihak produsen dan pihak pembuat iklan serta pihak konsumen. Melalui adanya iklan maka produk yang dihasilkan oleh produsen bisa semakin laris. Sedangkan bagi pembuat iklan tentunya iklan yang mengalami kesu ksesan akan memberikan keuntungan finansial yang lebih besar pada akhirnya. Bagi konsumen tentunya iklan akan memberikan banyak informasi mengenai suatu produk sehingga konsumen bisa membeli produk dengan penuh pertimbangan.

  • Memberikan pengetahuan kepada konsumen agar mereka sadar akan produk perusahaan tersebut.
  • Memberikan bujukan-bujukan kepada masyarakat umum untuk mencoba produk yang diiklankan perusahaan.
  • Memberikan stimulus-stimulus kepada masyarakat agar senantiasa ingat terhadap produk yang diiklankan tersebut.
  • Memberikan nilai tambah produk dan mempengaruhi persepsi konsumen (positif).
  • Salah satu fungsi utama dari iklan adalah mendampingi atau manfasilitasi upaya-upaya perusahaan lainnya.

3. Di mana saja iklan itu bisa kamu temukan?

Iklan bisa kamu temukan di koran, televisi, radio, atau ditempat umum dalam bentuk cetak dan ditempel.

4. Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan?

  • Fungsi lklan Bagi Pemerintah

Perlu untuk kita pahami bersama bahwa iklan pemerintah sangatlah berbeda dengan iklan perusahaan, iklan pemerintah lebih bersifat sosial yaitu bertujuan untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

Fungsi-fungsi lainnya dari iklan pemerintah adalah :

  • Memperkenalkan serta menyebarkan informasi untuk memberikan berbagai layanan pemerintah untuk masyarakat.
  • Menginformasikan berbagai program pemerintah kepada masyarakat.
  • Mengedukasi masyarakat untuk memahami kinerja pemerintah.

Dalam kegiatan yang sering dilakukan pemerintah, fungsi iklan di dalamnya tidak luput dari 3 hal tersebut. Misalnya pemerintah sedang mengeluarkan kebijakan atau program baru. Untuk memudahkan masyarakat mengenal program tersebut, perlulah iklan agar masyarakat tertarik dan mencoba serta mengingat program tersebut. Iklan dalam pemerintahan berfungsi untuk penyuluhan atau sosialisasi biasanya.

  • Fungsi Iklan Bagi Perusahaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa iklan perusahaan berbeda dengan iklan pemerintah, iklan perusahaan lebih bertujuan untuk mendatangkan keuntungan dengan caa mempromosikan produk-produknya baik itu barang maupun jasa.

Tujuan lainnya dari iklan perusahaan:

  • Agar konsumen selalu ingat dengan produk-produk perusahaan.
  • Agar masyarakat tahu mengenai produk-produk yang dihasilkan perusahaan.
  • Agar konsumen tertarik untuk membeli produk-produk perusahaan.

Tidak terkecuali oleh perusahaan. Perusahaan dalam pengembangannya jug a membutuhkan iklan. Iklan untuk perusahaan lebih kepada arah komersil. Yaitu menginformasikan produk yang dapat berupa barang atau pun jasa supaya khalayak tertarik untuk mencobanya.

5. Apa persamaan iklan, slogan, dengan poster?

  • Ketiganya sama-sama menggunakan kata sebagai salah satu unsur.
  • Sama-sama menekankan ketepatan dan kehematan kata oleh sebab itu ciri khas kebahasaannya adalah singkat, jelas, lengkap dan menarik.
  • Iklan, slogan dan poster sama sama persuasif. Tujuan intinya sama yakni membujuk khalayak umum untuk berbuat sesuatu.
  • Sama-sama teks persuatif yang mengandung pesan kepada khalayak.
  • Tujuannya sama-sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu.

B. Termasuk jenis apakah masing-masing gambar di bawah ini : iklan, poster, atau semboyan? Jelaskanlah secara berkelompok!

Teks Jenis Alasan
I

Iklan diatas termasuk ke dalam jenis iklan pelayanan masyarakat.

Karena terdapat suruhan atau ajakan terhadap warga untuk membaca atau literasi buku untuk meraih sebuah prestasi.
II Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan antarsesama.) Karena slogan tersebut memiliki arti, yaitu segala sesuatu di kerjakan bersama secara gotong royong dan tidak memandang derajat serta golongan.
III Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. (Slogan tentang perlunya persatuan dan kesatuan.) Karena slogan tersebut memiliki arti, yaitu Bersatu Kita Teguh adalah menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi.

Di sini merupakan pembuktian, bahwa Indonesia dengan persatuan dan kesatuan masyarakatnya mampu mengusir penjajah dan meraih kemerdekaan. Semboyan tersebut juga mencerminkan Sila ke-3 dari Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia. Arti dari Persatuan Indonesia adalah sebagai masyarakat Indonesia harus menjadi satu.

Satu yaitu tidak terpecah-pecah dan bersatu yakni menjadi bangsa yang kuat dan kokoh. Dengan bersatunya kita sebagai sesama warga Indonesia, maka kita mampu mencapai tujuan Indonesia.

IV Tiada hari tanpa prestasi. (Slogan tentang pentingnya mengukir prestasi setiap hari.) Karena slogan tersebut memiliki arti, yaitu Setiap Hari Kita Harus Mendapatkan suatu prestasi yang diakui maupun tidak diakui.
V

Poster diatas termasuk ke dalam jenis poster pelayanan masyarakat.

Karena poster tersebut berisi tentang informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat untuk taat dan patuh serta berhati-hati dalam berkendara dalam berlalu lintas.

 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 2.1 Apa yang dimaksud dengan iklan Halaman 30-31 Bab 2 (Iklan, Sarana Komunikasi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 2.1 Apa yang dimaksud dengan iklan Halaman 30-31 Bab 2 (Iklan, Sarana Komunikasi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!