Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 1.10 Perhatikanlah keefektifan judulnya dan Perhatikan pula kelengkapan unsur-unsur berita tersebut Halaman 23-24 Bab 1 (Berita Seputar Indonesia)

  • 3 min read
  • Mar 31, 2021

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activities 1.10 Pay attention to the effectiveness of the title and also pay attention to the completeness of the elements of the news. Page 23-24 Chapter 1 (News about Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama JawabanPelajar.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 1.10 Perhatikanlah keefektifan judulnya dan Perhatikan pula kelengkapan unsur-unsur berita tersebut Halaman 23-24 Bab 1 (Berita Seputar Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

 

Kegiatan 1.10

1. Bacalah sebuah berita, baik dari surat kabar, majalah, maupun dari internet!

Dalam kehidupan sehari-hari, kita akrab dengan istilah berita. Dengan adanya berita, kita dapat mengetahui informasi dari berbagai peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia. Hal ini dimungkinkan salah satunya berkat perkembangan teknologi. Teknologi satelit misalnya memampukan penyiaran berita dari tempat-tempat yang terpencil. Selain itu teknologi internet juga mampu memberikan kesempatan untuk menikmati berita dimanapun dan kapanpun kita inginkan.

Uji Coba Tilang Elektronik, Kamera CCTV Dipasang di 3 Titik di MH Thamrin

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah menyampaikan kamera closed circuit television ( CCTV) akan dipasang di tiga titik selama uji coba tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE).

Ketiga titik itu berada di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

“Satu di Simpang Patung Kuda (patung Arjuna Wiwaha Monas), yang kedua Simpang Kebon Sirih, satunya lagi di Simpang Sarinah. (Dipasang) 6 kamera CCTV, kan, bolak-balik,” ujar Andri, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018).

Andri menyampaikan tilang elektronik akan diuji coba pada Oktober untuk menguji tingkat ketajaman kamera CCTV dan sistem yang dipasang Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Kamera CCTV yang dipasang merupakan milik Ditlantas Polda Metro Jaya.

Menurut Andri, Dishub sebenarnya menawarkan kamera CCTV yang telah dipasang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin untuk uji coba tilang elektronik.

Namun, kamera CCTV milik Dishub DKI itu kurang tajam menangkap gambar pelat nomor kendaraan pelanggar lalu lintas.

Oleh karena itu, Dishub DKI hanya membantu menyiapkan tiang untuk memasang kamera CCTV Ditlantas Polda Metro Jaya.

“Kami mempersilakan kalau (kamera) CCTV kami dipergunakan untuk kelengkapan ETLE, tetapi setelah dilihat dari pihak Ditlantas Polda Metro Jaya, ketajamannya itu tidak sampai 50-75 meter, makanya Ditlantas yang akan memasang,” kata Andri.

Ditlantas Polda Metro Jaya sebelumnya menilai perlu ada pembaharuan dalam sistem penindakan para pelanggar lalu lintas di Jakarta.

Oleh karena itu, Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI dan Kementerian Komunikasi dan Informasi menggagas sistem ETLE.

Sistem itu mengandalkan kamera CCTV berteknologi canggih.

1. Perhatikanlah keefektifan judulnya!

Judul berita tersebut ditulis dengan efektif karena mampu menyampaikan informasi penting dalam berita.

2. Perhatikan pula kelengkapan unsur-unsur berita tersebut!

Berita tersebut ditulis dengan memenuhi seluruh unsur.

3. Cermati pula struktur ataupun susunannya serta penggunaan bahasanya!

Berita tersebut belum ditulis sepenuhnya dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar. masih ditemukan beberapa kesalahan penulisan seperti penulisan angka dan kata asing.

4. Lakukanlah perbaikan terhadap bagian bagian yang di anggap salah di dalam teks tersebut secara berkelompok!

Bentuk Kesalahan Saran Perbaikan
Closed Circuit Television (CCTV) Kamera pengawas
6 enam

 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 1.10 Perhatikanlah keefektifan judulnya dan Perhatikan pula kelengkapan unsur-unsur berita tersebut Halaman 23-24 Bab 1 (Berita Seputar Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 1.10 Perhatikanlah keefektifan judulnya dan Perhatikan pula kelengkapan unsur-unsur berita tersebut Halaman 23-24 Bab 1 (Berita Seputar Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!