Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Hasil Perkebunan Cengkeh Halaman 205 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan)

Diposting pada
Buku IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Questions and Answer Keys to Social Sciences Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Group Activity of Clove Plantations Page 205 Chapter 4 (Changes in Indonesian Society during the Colonial Period and the Growth of the National Spirit) ~ Assalamualikum Semuanya,Kembali lagi Bersama Jawabanpelajar.com.Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Hasil Perkebunan Cengkeh Halaman 205 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini.Yuk,Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

 

Aktivitas Kelompok

  1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
  2. Perhatikan teks berikut ini.
Cengkih merupakan salah satu hasil utama masyarakat Maluku. Hasil perkebunan tersebut merupakan  tanaman ekspor yang sangat dibutuhkan masyarakat Eropa. Perusahaan dagang Belanda VOC berusaha menguasai perdagangan tersebut. Rakyat hanya diperbolehkan menjual hasil perkebunan tersebut kepada VOC. Para pedagang lain tidak diperbolehkan membeli hasil perkebunan dari rakyat tersebut. VOC telah melakukan penguasaan perdagangan di Maluku, atau disebut praktik monopoli.
Baca Juga : 
  1. Berdasarkan teks tersebut, diskusikan:
  • Siapa yang paling berkuasa menentukan harga beli kepada petani?

Yang berkuasa menentukan harga beli kepada petani dalam VOC adalah pemerintahan Belanda.

VOC adalah perserikatan dagang milik Belanda yang dimana ia berada di bawah perintah Belanda. Hal ini menandakan, saat itu Indonesia tidak secara langsung dijajah oleh Belanda melainkan oleh perserikatan dagangannya. Belanda menetapkan harga beli (Belanda beli hasil pertanian) kepada petani dengan harga yang murah untuk dapat dijual kembali dengan harga yang lebih mahal di negara-negara Eropa lainnya.

VOC membeli cengkeh hasil panen para petani Maluku dengan harga serendah-rendahnya. Selanjutnya, para pedagang yang tergabung dalam VOC telah  memonopoli perdagangan. Apa itu monopoli perdagangan? Hal ini akan berkaitan dan dijelaskan pada pertanyaan kedua.

  • Siapa yang paling menentukan harga jual kepada pedagang lain?

Yang paling menentukan antara harga jual dan beli kepada pedagang yang lain dalam VOC adalah pemerintahan Belanda.

Jelas dalam hal ini VOC yang menentukan harga jual cengkih. Para pedagang yang tergabung dalam VOC memonopoli cengkih dengan membeli dari petani cengkin Maluku semurah-murahnya dan menjualnya dengan harga tinggi agar meraup untung sebanyak-banyaknya. Bayangkan, menurut buku Ekspedisi Cengkeh karya Puthut EA,sejak akhir abad-16, Belanda pun menguasai penuh perdagangan rempah-rempah Maluku dengan jumlah produksi rerata 2.500 sampai 4.500 ton per tahun.

Setelah membeli harga barang dari petani sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah Belanda, VOC akan menjual hasilnya kepada pedagang lain (pedagang dari negara lain) dengan harga yang ditetapkan pula (biasanya jauh lebih tinggi dari harga beli) yang menyebabkan ia berhasil menerapkan salah satu konsep 3G nya.

  • Bagaimana nasib pedagang lain yang sama-sama ingin berdagang komoditas tersebut?

Nasib pedagang lain yang ingin berdagang komoditas yang sama adalah merugi atau sengsara.

Nasib pedagang lain juga yang ingin berdagang komoditas cengkih ini jelas kelabakan, tidak menentu, dan tidak bisa berbuat apa-apa. Hal tersebut terjadi karena pengaruh yang begitu kuat bangsa Belanda dalam memonopoli produk hasil pertanian, khusunya cengkih di Indonesia.

Karena pedagang lain akan merugi jika ia membeli dari VOC dan dijual kembali karena semakin mahal barang,maka peminat akan semakin menurun sehingga hasil pertanian yang dibeli akan membusuk dan tidak layak jual.

  1. Catatlah simpulan hasil diskusi kelompokmu dan tuliskan kesimpulan akhir pada buku catatanmu. Tanyakan kepada guru hal-hal yang kalian anggap belum jelas.
Baca Juga : 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Hasil Perkebunan Cengkeh Halaman 205 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana.Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Hasil Perkebunan Cengkeh Halaman 205 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan).Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya.Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *