Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Faktor-faktor penyebab kegagalan perlawanan mengusir penjajah di berbagai daerah Halaman 232-233 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan)

Diposting pada
Buku IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Questions and Answer Key Grade 8 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2017 Group Activity The factors causing the failure of the resistance repel invaders in various regions Pages 232-233 Chapter 4 (Indonesian Society Changes In The colonization and growth of Spirit of Nationality) ~ Assalamualikum Semuanya,Kembali lagi Bersama Jawabanpelajar.com.Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Faktor-faktor penyebab kegagalan perlawanan mengusir penjajah di berbagai daerah Halaman 232-233 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini.Yuk,Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

 

Aktivitas Kelompok

Kalian telah mempelajari perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah dalam menentang kolonialisme dan imperialisme.

  1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
  2. Diskusikan faktor-faktor penyebab kegagalan perlawanan mengusir penjajah di berbagai daerah tersebut.
  3. Tuliskan hasil diskusimu dalam format berikut ini!
Baca Juga : 
No. Penyebab Kegagalan Penjelasan
1. Rakyat Indonesia mudah diadu domba Pada saat pemerintah Belanda datang ke Indonesia hanya membawa pasukan dengan jumlah yang sangat kecil. Namun pada saat itu dua kerajaan di Indonesia sedang bertikai dan salah satu kerajaan yang bertikai meminta pertolongan kepada Belanda dengan syarat belanda berhak memonopoli sebagian besar perdagangan di Kerajaannya.
2. Tidak ada rasa nasionalime Sebelum tahun 1908, Rakyat Indonesia melakukan perlawanan atas nama daerah, suku, adat-istiadat, agama dan golongan. Sehingga militer Penjajag pada saat itu dapat dengan mudah menghancurkan perlawanan. Hal ini karena yang melawan hanya satu daerah saja dan tidak seluruh daerah Indonesia.
3. Rakyat Indonesia hanya mengenal perjuangan fisik Sebelum 1908 rakyat Indonesia hanya mengetahui penyerangan secara langsung ke penjajah. Mereka tidak berusaha dulu untuk menarik simpati atau rasa kesatuan seluruh masyarakat di daerah tersebut. Sehingga Perlawanan pada penjajah pada masa tersebut terdapat masyarakat yang mendukung dan yang tidak mendukung.
4. Komando Militer pada saat perlawanan kepada penjajah sangat sederhana Sebelum 1908 rakyat Indonesia tidak mengenal adanya struktur kepemimpinan dalam militer. Rakyat Indonesia pada masa itu hanya tahu mengikuti satu sosok yang dianggap pemimpin dan dihormati. Ketika Pemimpin tersebut ditangkap oleh Belanda, maka perlawanan tersebutpun akan musnah karena tidak ada lagi yang dapat memimpin.
5. Rakyat Indonesia hanya mengetahui diplomasi sederhana Sebelum 1908, rakyat Indonesia dan pihak penjajah memang sering melakukan diplomasi. Namun diplomasi tersebut hanya antara pihak pemberontak dan pihak penjajah. Sehingga pada masa itu Pihak penjajah tidak pernah menghargai hasil diplomasi tersebut, malah pihak penjajah menyusun jebakan pada saat diplomasi berlangsung.
6. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penjajah yang maju Sebelum 1908, Rakyat Indonesia kebanyakan mempercayai roh nenek moyang. Namun pada saat pihak penjajah masuk ke Indonesia. Rakyat mulai meninggalkan kepercayaan nenek moyang. Persenjataan rakyat Indonesia pada saat itu tidak semaju pihak penjajah.  
7. Kalahnya persenjataan jika dibandingkan dengan persenjataan penjajah Persenjataan penjajah yang lebih modern seperti senapan dan meriam jelas lebih diuntungkan ketika berlangsung daripada persenjataan rakyat yang masih menggunakan senjata tradisional, bambu runcing, dan senjata lain yang belum secanggih milik penjajah.
8. Perencanaan perang yang kurang matang Perencanaan perang menjadi syarat utama agar perang dapat dimenangkan. Akan tetapi, perencanaan perang yang dilakukan penguasa kurang matang ketika melawan penjajah, sehingga banyak korban dari pihak rakyat maupun penguasa akibat peperangan yang terjadi.
9. Terserang penyakit ketika perang Wabah penyakit sangat menggaggu ketika perang berlangsung. Pengetahuan cara mengobati juga menjadi andil gagalnya perlawanan rakyat terhadap penjajah yang disebabkan penyakit. Seperti ketika Mataram menyerang VOC, para pasukan Mataram banyak yang terserang penyakit Malaria sehingga akibatnya banyak pasukan Mataram yang mati ketika perang berlangsung.
10. Perlawanan masih bersifat kedaerahan Dari berbagai faktor yang disebutkan sebelumnya, faktor yang terakhir dan paling berpengaruh ini yang menjadi penyebab kegagalan mengusir penjajah. Perjuangan untuk mengusir penjajahan tidak dilakukan serentak di berbagai daerah. Usaha mengusir penjajah hanya dilakukan oleh daerah yang mendapatkan tekanan penjajah saja. Banyak penguasa beserta rakyat yang masih mementingkan daerah maupun kerajaannya masing-masing.
11. Kurangnya Tingkat Pendidikan Kurangnya tingkat pendidikan,di mana rakyat Indonesia masih belum begitu cerdik dalam menyusun strategi dan taktik perang sehingga menimbulkan masalah yang menyebabkan mereka kalah di medan perang, seperti kehabisan persenjataan. Di samping itu, kurangnya tingkat pendidikan juga mengakibatkan rakyat Indonesia pada saat itu mudah untuk dibodohi dan dibohongi oleh penjajah Belanda.
12. Kurangnya Rasa Persatuan dan Kesatuan Kurangnya rasa persatuan dan kesatuan,di mana perjuangan yang dilakukan masih dilakukan secara terpisah-pisah. Kurangnya rasa persatuan dan kesatuan itu merupakan akibat belum adanya rasa senasib dan seperjuangan yang dirasakan antar sesama rakyat Indonesia. Sehingga perjuangan yang dilakukan rakyat Indonesia, di mana jumlah pejuangnya yang terlalu sedikit karena masih terpisah-pisah, memudahkan penjajah Belanda untuk memukul mundur mereka.
  1. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas.
Baca Juga : 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Faktor-faktor penyebab kegagalan perlawanan mengusir penjajah di berbagai daerah Halaman 232-233 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana.Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Faktor-faktor penyebab kegagalan perlawanan mengusir penjajah di berbagai daerah Halaman 232-233 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan).Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya.Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *