Skip to main content

Search This Blog

Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Individu Asal-Usul Nenek Moyang di Indonesia Halaman 111 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan)

advertisement

Buku IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Questions and Answer Keys to Social Sciences Class 8 2013 Curriculum 2013 2017 Activity Individuals The Origins of Ancestors in Indonesia Page 111 Chapter 2 (Effect of Social Interaction on Social Life and Nationality) ~ Assalamualikum Semuanya,Kembali lagi Bersama Jawabanpelajar.com.Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Individu Asal-Usul Nenek Moyang di Indonesia Halaman 111 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini.Yuk,Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

 

Aktivitas Individu


Ingatlah kembali pelajaran Kelas VII tentang asal-susul nenek moyang bangsa Indonesia, kemudian jawabalah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini.

Baca Juga : 

  1. Suku bangsa mana yang dianggap telah ada sebelum kedatangan bangsa Vedda?

Suku bangsa mana yang dianggap telah ada sebelum kedatangan bangsa vedda adalah Suku Kubu di Jambi dan Suku Toala di Sulawesi.  

  1. Bagaimana proses kedatangan bangsa Vedda ke Indonesia?

Suku bangsa Vedda merupakan penduduk asli asia Tenggara yang melakukan perjalanan melalui jalur darat ke kepulauan Indonesia karena sebelum zaman glasial kepulauan Indonesia masih menyatu dengan Asia. Kemudian setelah berakhirnya zaman es dan menimbulkan naiknya permukaan laut menyebabkan dataran rendah disekitar kepulauan nusantara berubah menjadi Laut dangkal dan menyebabkan terpisahnya kepulauan nusantara dari Asia. Dalam perkembangan lebih lanjut suku bangsa Vedda akhirnya berpindah ke daerah pedalaman dan tinggal di sana dalam jangka waktu yang cukup lama. Diperkirakan orang Vedda kemudian menyebar sampai ke beberapa wilayah di nusantara misalnya : Di Pulau Papua, Flores Barat, pulau Seram, Timor Barat, dan sampai ke kepulauan Melanesia. 

  1. Bagaimana proses kedatangan bangsa Proto-Melayu ke Indonesia?

Kedatangan bangsa Proto Melayu bisa dibagi menjadi dua periode : Kedatangan pertama berasal dari daerah Yunnan di China Selatan yang melakukan perjalanan melalui jalur barat di wilayah Indochina yang berlanjut ke daerah Semenanjung Malaya yang kemudian masuk ke pulau Sumatera dan akhirnya menyebar ke kepulauan di nusantara. Sedangkan kedatangan kedua melalui jalur timur yang di mulai dari kepulauan Ryukyu di negara Jepang yang kemudian menggunakan Jalur laut ke Taiwan, melewati Filipina sampai ke kepulauan Sangir dan akhirnya masuk Pulau Sulawesi. Kemudian mereka juga menyebar ke seluruh kepulauan nusantara.

Kedatangan Proto Melayu dibagi menjadi dua, yakni melalui China Selatan → Semenanjung Malaya → Sumatera dan dari Jepang → Filiphina → Sulawesi.

  1. Bagaimana proses kedatangan bangsa Deutro-Melayu ke Indonesia?

Deutro Melayu merupakan suku bangsa yang asalnya dari Indochina utara. Yang kemudian masuk ke Indonesia melalui Semenanjung Malaya dan masuk ke pulau Sumatera kemudian menyebar ke hampir semua pulau yang ada di Indonesia.

Kedatangan Deutro Melayu menyebabkan terdesaknya suku bangsa Proto Melayu ke daerah pedalaman. Dan sampai saat ini diperkirakan sebagian besar penduduk Indonesia merupakan keturunan dari bangsa Deutro Melayu.

  1. Suku bangsa mana yang merupakan keturunan Vedda, Proto Melayu, dan Deutro Melayu?
  • Bangsa Vedda : Suku bangsa Lubu, Kubu, Talang Mamak di Pulau Sumatra dan Toala di Pulau Sulawesi
  • Proto Melayu : Suku Bangsa Mentawai, Suku Dayak dan Suku Toraja
  • Deutro Melayu : Suku Bangsa Melayu, Suku Minang, Suku Jawa, Suku Bugis, dan lain sebagainya
Baca Juga : 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Individu Asal-Usul Nenek Moyang di Indonesia Halaman 111 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana.Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Individu Asal-Usul Nenek Moyang di Indonesia Halaman 111 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan).Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya.Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Kata Kunci:

  • Ips kelas 8 halman 111

advertisement
Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Individu Asal-Usul Nenek Moyang di Indonesia Halaman 111 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan)
| Muhammad