Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apa saja unsur pada surat dinas Halaman 248-249 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas)

  • 5 min read
  • Feb 20, 2021

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 7 Curriculum 2013 Revised 2017 What are the elements in official letters Pages 248-249 Chapter 7 (Corresponding with personal letters and official letters) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama JawabanPelajar.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apa saja unsur pada surat dinas Halaman 248-249 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

2. Mengidentifikasi Ciri Surat Dinas

Surat Dinas

Surat dinas adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surat dinas ini dapat ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi. Dalam menulis surat dinas, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu penggunaan bahasanya. Bahasa yang digunakan pada surat dinas ini lebih mudah dibanding surat pribadi. Surat resmi tidak memerlukan bahasa yang “berbunga-bunga”. Bahasa surat resmi singkat dan jelas, serta berpola tetap.

Bacalah surat pribadi di bawah ini!

PANITIA KEGIATAN PERKEMAHAMAN SABTU DAN MINGGU (Persami)
PRAMUKA SMP MUTIARA HARAPAN 1 TUBAN

No : 08/K/UKS                                                                                                                                                23 November 2015

Lamp : 1 berkas

Yth. Wali Murid Sofia Nazila Di Tuban

Hal: Permohonan izin

Dengan Hormat,

Dalam rangka upaya untuk lebih mengenal lingkungan pantai dan membantu pelestarian lingkungan, Pramuka SMP Mutiara Harapan 1 akan mengadakan perkemahaman Sabtu dan Minggu pada tanggal 5 s.d. 6 Desember 2015 di kawasan pantai Kelapa, Tuban. Oleh sebab itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu untuk mengizinkan putra putrinya mengikuti kegiatan Persami tersebut. Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan jadwal kegiatan.

Terima kasih atas perhatian dan izin Bapak dan Ibu.

Mengetahui, Kepala Sekolah                                                                                        Hormat kami, Ketua Panitia

 

 

Imam Mustaqim, M.Pd.                                                                                                          Rozik Ahmad Zaini

Diskusikan

1) Apa saja unsur pada surat dinas?

  • Kop atau kepala surat

Kop surat terletak pada bagian teratas dalam surat dinas. Kop surat mengandung nama instansi, alamat serta logo instansi.

  • Tanggal surat

Terletak di sebelah kiri bawah kop surat. Mengandung tanggal pembuatan surat.

  • Nomor surat

Terletak di sebelah kanan bawah kop surat. Mengandung nomor berisi kode pembuatan, tanggal dan tahun.

  • Lampiran

Lampiran berupa lembar tambahan sebagai penjelasan dari lembar pertama (surat). Namun, bila tidak ada diberi tanda strip (-).

  • Hal atau Perihal

Perihal berisi tentang hal yang ingin disampaikan. Misal pemberian izin, permohonan peresmian, permohonan kerja sama dsb.

  • Alamat yang dituju

Alamat berisi tujuan surat yang akan dikirimkan.

  • Salam pembuka

Salam pembuka berisi salam sebagai awal pembukaan surat, misal “Assalamu’alaikum Wr. Wb.”, “Selamat pagi dan salam sejahtera”.

  • Isi Surat

Isi surat mengandung inti pembahasan penerbitan surat kepada instansi yang dituju.

  • Salam penutup

Salam penutup berisi salam yang menandakan telah selesainya isi surat. Misalnya “Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan untuk dilaksanakan.”

  • Jabatan pengirim surat

Pengirim surat beserta jabatannya ditulis di sebelah kiri bawah dari salam penutup.

  • Tembusan

Pengirim surat mendapat tebusan pengiriman sebagai bukti kebenaran surat. Misal tembusan dari Kepala sekolah, ketua RT, Lurah, Walikota.

2) Bagaimana ciri surat dinas dari segi bentuk?

  • Bentuk surat resmi dikenali dengan alamat ditulis di sebelah kanan di bawah tanggal surat. Kemudian, di sebelah kiri berturut-turut ke bawah dituliskan : nomor surat, sifat (jika ada), lampiran dan perihal. Lay out pengetikan pada setiap alinea surat bentuk resmi dimulai 5 (lima) soasi dari garis pinggir kiri.
  • Terdapat bagian kop surat.
  • Terdapat nomor keluarnya surat.
  • Terdapat salam pada pembuka ataupun penutup.
  • Terdapat tanda bukti instansi berupa stempel.

3) Bagaimana ciri surat dinas dari segi isi?

  • Format surat sudah sesuai.
  • Terdapat hal yang ingin disampaikan secara singkat, jelas, dan padat.
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku atau resmi, tidak terbelit-belit, dan sopan.
  • Isi surat dinas berkaitan dengan topik kedinasan. Misalnya, undangan rapat, permohonan maaf suatu instansi kepada orang/ instansi/ perusahaan, lamaran pekerjaan, surat permintaan izin tidak masuk, izin menggunakan tempat, dan sebagainya

Diskusikanlah hal-hal berikut untuk menyimpulkan ciri surat dinas!

a) Mengapa ada surat dinas selain surat pribadi sebagai alat korespondensi?

  • Surat Dinas Lebih Praktis

Apa saja unsur pada surat dinas? Surat dinas lebih praktis dibandingkan surat pribadi. Dibilang lebih praktis karena surat resmi memiliki kemampuan untuk memuat informasi atau berita yang sangat banyak. Penulis surat resmi boleh menuliskan informasi atauberita apa saja yang ingin dibicarakan atau didiskusikan kepada penerima surat.

  • Tingkat Kerahasiaan Surat Dinas Lebih Terjamin

Tingkat kerahasiaan surat dinas lebih terjamin daripada surat pribadi. Sehingga orang lain tidak akan mengetahui maksud dari pesan yang telah ditulis. Penulis surat dinas tidak perlu takut jika suratnya dibaca oleh orang. Melalui surat dinas, penulis tidak perlu takut jika pesan yang ditulisnya dibaca oleh orang yang bukan seharusnya. Surat dinas tidak boleh dibuka apalagi dibaca oleh orang lain. Hanya penerima surat atau orang yang berhak yang boleh membaca.

  • Surat Dinas Lebih Ekonomis

Berkomunikasi dengan cara berkirim surat dikatakan sangat ekonomis. Hal ini dihubungkan dengan ongkos yang dibutuhkan jika berkomunikasi melalui surat. Dengan biaya yang relatif murah dibandingkan telepon, pesan kepada seseorang yang dilirim dengan surat dinas bisa diterima dengan baik.

Jika dibandingkan dengan telepon, maka kemungkinan si pengirim surat perlu menyiapkan biaya yang lebih. Karena Biaya telepon interlokal untuk membicarakan informasi atau seseorang kepada seseorang tentunya tidak murah. Apalagi semakin lama maka semakin mahal.

Kalau berkomunikasi dengan surat, penulis surat bisa menulis informasi atau berita sebanyak mungkin tanpa harus takut terbebani oleh biaya. Palingan penulis surat hanya perlu menyiapkan biaya untuk membeli perangko.

  • Surat Dinas Lebih Efektif

Penggunaan surat dinas lebih efektif karena informasi yang dikirim lebih utuh, lengkap dan menyeluruh. Sehingga penerima surat bisa membacanya dengan jeli. Ini karena surat dinas mampu memuat banyak informasi. Terkait kalimat pembuka, data tabel, berbagai macam tembusan.

  • Memakai Bahasa Gaul

Surat dinas mampu memuat banyak berita atau informasi sebanyak- banyaknya. Si penulis surat tidak perlu menyingkat kata banyak istilah khusus atau singkatan khusus yang sulit dimengerti. Selain itu biayanya relatif murah. Di sinilah letak keefektifan surat, dengan biaya seminimal mungkin tapi manfaatnya sangat besar.

  • Dapat Disimpan atau Diarsipkan Sebagai Dokumentasi

Surat dinas lebih baik daripada surat pribadi jika dibandingkan dengan telepon dalam hal dokumentasi. Ada kemungkinan si penerima surat lupa akan data atau informasi yang pernah dibicarakan. Ada kemungkinan juga akan ada masalah karena ada informasi yang tidak sesuai. Maka solusinya tinggal membuka surat yang sudah didokumentasikan atau diarsipkan.

Kelebihan surat dinas adalah memiliki nomor surat. Di nomor surat itu sudah dicantumkan tanggal, bulan dan tahun penulisan surat. Jadi akan mudah nantinya jika harus mencari informasi atau berita yang terkait. Kita cukup mengingat bulan dan tahunnya.

Beda dengan alat komunikasi modern contohnya telepon yang tidak ada catatan dokumentasi. Juga aplikasi pesan di smartphone saat ini yang mengharuskan pengguna smartphone melakukan scroll ke atas yang tentunya sangat merepotkan.

b) Siapa yang diperbolehkan menulis surat dinas?

Surat dinas ditulis oleh suatu instansi pemerintah, instansi swasta, organisasi atau lembaga resmi.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apa saja unsur pada surat dinas Halaman 248-249 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apa saja unsur pada surat dinas Halaman 248-249 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!