Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mengapa seseorang menulis surat pribadi Halaman 246-247 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas)

  • 5 min read
  • Feb 20, 2021

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 7 Curriculum 2013 Revised 2017 Why does someone write personal letters Pages 246-247 Chapter 7 (Corresponding with personal letters and official letters) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama JawabanPelajar.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mengapa seseorang menulis surat pribadi Halaman 246-247 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

A. Mengenal dan Memahami Surat

Ada dua jenis surat, yaitu surat pribadi dan surat dinas. Kamu akan belajar mengenal dan memahami surat pribadi terlebih dahulu sebelum surat dinas. Urutan tersebut juga berlaku pada kegiatan-kegiatan berikutnya.

1. Mengenal Ciri Surat Pribadi dan Surat Dinas

Surat Pribadi

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi.

Di Indonesia, menulis surat pribadi sebenarnya lebih sulit karena perlu memperhatikan hal-hal di luar aturan kebahasaan bahasa Indonesia. Jika bahasa dalam surat resmi lebih baku dan jelas polanya maka tidak demikian dengan surat pribadi. Dalam surat pribadi ini, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu tata etika atau sopan santun. Khususnya jika kamu menulis kepada orang yang lebih dewasa atau orang yang baru saja kamu kenal. Agar kamu mengetahui bagaimana surat pribadi, perhatikan surat pribadi di bawah ini.

Bacalah surat pribadi di bawah ini!

Surat 1

Jayapura, 12 November 2015

Salam sayang untuk Bunda

Bunda, Edo merindukan Bunda.

Sudah seminggu Edo di Bandung untuk mengikuti jambore UKS. Di sini Edo tinggal di asrama bersama teman-teman dari seluruh Indonesia. Edo senang belajar dan berteman dengan mereka. Bapak dan ibu instruktur sangat ramah dan baik. Edo mendapatkan banyak ilmu dari mereka.

Meskipun Edo bahagia di sini, Edo tetap merindukan Bunda. Rindu masakan Bunda. Apalagi ada kabar pelatihan UKS diperpanjang hingga tiga hari. Tetapi Bunda tidak usah khawatir. Edo akan baik-baik saja di sini.

Terimakasih sudah mengizinkan Edo mengikuti pelatihan ini. Edo akan segera pulang.

Buah hati Bunda

Edo

Surat 2

Kupang, 10 Januari 2016

Ibu Dewi yang saya sayangi,

Bagaimana kabar Ibu? Semoga selalu sehat!

Sejak Ibu pindah ke Kota Bogor, rasanya kelas menjadi sepi. Tiada lagi tawa canda Ibu yang menyejukkan. Tiada lagi nasihat-nasihat yang indah itu. Kami semua kangen Ibu. Kerinduan kami hanya bisa diungkapkan lewat doa untuk Bu Guru luar biasa seperti Ibu.

Saya yakin Ibu sudah mendapat murid-murid baru di Kota Bogor. Meski sudah mendapat murid baru, tolong jangan lupakan kami yang di Kota Kupang ini.

Semoga Ibu senantiasa sehat dan dalam lindunganNya

Salam rindu,

Paskalina.

Menyimpulkan ciri surat pribadi Diskusikan untuk menyimpulkan hal-hal berikut!

a. Mengapa seseorang menulis surat pribadi?

  • Sakit

Contoh surat pribadi karena sakit yaitu ketika kita masih zaman sekolah dulu. Ketika kita sakit, kita membuat surat pribadi tentang permohonan izin untuk tidak sekolah. Biasanya surat ini disertai dengan surat keterangan dokter yang menerangkan jumlah hari yang diperlukan oleh pasien untuk beristirahat. Surat pribadi izin sakit ini termasuk surat pribadi setengah resmi karena ditujukan ke organisasi yaitu sekolah.

  • Keperluan keluarga

Contoh surat pribadi karena keperluan keluarga mirip dengan surat contoh karena sakit. Intinya sama-sama memohon izin untuk tidak mengikut kegiatan belajar mengajar. Bedanya hanya karena alasan urusan keluarga.

  • Transfer uang

Beberapa orang mengirim uang yang disertai dengan pribadi. Biasanya di dalam surat ada beberapa rupiah sesuai yang diminta oleh si penerima. Bisa juga bukan uang tapi cek yang senilai dengan yang diminta.

  • Mengekspresikan perasaan

Surat pribadi biasanya digunakan sebagai sarana untuk mengungkapkan perasaan seseorang. Contohnya, waktu alat telekomunikasi belum secanggih sekarang, orang-orang sering kali mengungkapkan rasa cinta kepada lawan jenis yang jaraknya jauh.

  • Jadi wakil penulis

Surat pribadi juga bisa digunakan menjadi penulis surat. Maksudnya adalah penulisan surat pribadi mewakili penulis surat untuk bisa bicara dengan pihak penerima surat.

  • Untuk menyampaikan ide, pendapat atau gagasan

Setiap orang tentu memiliki ide, pendapat atau gagasan. Tapi bagaimana jika orang zaman dulu ingin menyampaikan ide, pendapat atau gagasan mereka? Cara menyampaikan ide, pendapat atau gagasan bisa dilakukan dengan cara menulis surat pribadi kepada orang lain yang diajak diskusi. Dengan bantuan surat pribadilah maka si pemilik ide, pendapat atau gagasan dapat menyampaikan semua hasil pemikirannya secara bebas.

  • Mengasah kemampuan berbahasa

Jika ingin mengasah kemampuan berbahasa Indonesia khususnya di aspek menulis. Orang yang terbiasa atau terasah menulis sebuah surat pribadi sedikit demi sedikit kemampuan berbahasa Indonesianya khususnya di aspek menulis bisa berkembang. Jadi mereka tahu bagaimana harus menulis dengan kalimat baku atau formal jika mengirim ke organisasi atau menulis dengan kalimat informal atau santai jika berhubungan dengan kerabat, teman, keluarga atau kekasih. Singkatnya, si penulis bisa menempatkan diri bagaimana gaya penulisannya.

  • Melamar kerja

Siapapun yang melamar kerja pasti harus menulis surat lamaran kerja. Di surat mencakup perusahaan yang dilamar, posisi atau lowongan yang dilamar dan menuliskan daftar dokumen yang dilampurkan bersamaan dengan surat lamaran kerja. Cara seperti ini sangat umum ketika dunia masih belum mencapai era digital seperti sekarang.

b. Bagaimanakah urutan menulis surat pribadi?

  1. Tempat/tanggal/bulan/tahun penulisan surat
  2. Salam pembuka
  3. Kalimat Pembuka
  4. Isi surat
  5. Kalimat Penutup
  6. Salam penutup
  7. Tanda tangan
  8. Nama pengirim

c. Mengapa menulis surat pribadi harus menyertakan salam pembuka, kalimat pembuka paragraf, dan kalimat penutup surat?

Menulis surat pribadi harus menyertakan salam pembuka, kalimat pembuka paragraf, dan kalimat penutup surat karena  unsur-unsur tersebut berkaitan dengan masalah pribadi, seperti menanyakan kabar dan tujuan komunikasi pribadi yang lain, seperti harapan pembaca membalas surat kepada penulis

Sebagai suatu bentuk komunikasi surat pribadi memiliki bagian-bagian yang menggambarkan bentuk komunikasi ketika kita berkomunikasi secara langsung. Berikut ini bagian-bagian surat pribadi.

  • Alamat dan tempat tanggal Pembuatan Surat. Bagian ini menjelaskan posisi serta waktu ditulisnya surat.
  • Salam pembuka adalah sapaan seseorang sebelum menulis surat. Anda bisa menggunakan kaimat seperti dalam contoh di atas ( Salam persahabatan) atau dengan salam yang lain seperti:
  • Asalamualaikum Salam manis, salam sejahtera, dll
  • Paragraf Pembuka. Paragraf pembuka dapat berupa pertanyaan mengenai kabat, kesehatan, keadaan atau sekedar basa-basi
  • Paragraf Isi. Paragraf ini berisi inti atau tujuan dibuatnya surat.  Apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi? Untuk menyampaikan tujuan atau pesan yang ingin disampaikan kepada penerima surat secara pribadi.
  • Paragraf Penutup. Paragraf penutup digunakan untuk mengakhiri isi surat. Biasanya paragraf ini berisi permohonan maaf, mohon diri, harapan dan sebagainya.

d. Apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi?

  • Tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi bisa berupa ungkapan perasaan seseorang.
  • Untuk menyampaikan tujuan atau pesan yang ingin di sampaikan kepada penerima surat secara pribadi.
  • Memberikan berita, menanyakan kabar, ataupun pertanyaan

e. Apa ciri isi dalam surat pribadi?

Ciri isi surat pribadi adalah menggunakan bahasa tidak resmi, karena surat pribadi ditujukan untuk keluarga atau teman. Ciri umum surat pribadi adalah

  • Tidak memakai kop/kepala surat
  • Tidak menggunakan nomor surat dan perihal
  • Format yang digunakan bebas. tidak harus ada pembuka, isi dan penutup.
  • Dapat menggunakan salam pembuka dan penutup menurut kebiasaan penulis surat
  • Tidak melampirkan lampiran atau tembusan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mengapa seseorang menulis surat pribadi Halaman 246-247 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mengapa seseorang menulis surat pribadi Halaman 246-247 Bab 7 (Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!