Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 2.8 Secara berkelompok nilailah kualitas kebahasaan dari kedua buah iklan atau poster berikut Halaman 50-52 Bab 2 (Iklan, Sarana Komunikasi)

  • 2 min read
  • Apr 05, 2021

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Activities 2.8 As a group, assess the language quality of the following two advertisements or posters Pages 50-52 Chapter 2 (Advertising, Communication Means) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama JawabanPelajar.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 2.8 Secara berkelompok nilailah kualitas kebahasaan dari kedua buah iklan atau poster berikut Halaman 50-52 Bab 2 (Iklan, Sarana Komunikasi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

 

Kegiatan 2.8

B. 1. Secara berkelompok, nilailah kualitas kebahasaan dari kedua buah iklan/poster berikut!

2. Gunakanlah format penilaian di bawahnya!

Iklan 1

Judul iklan : Buku yang bermanfaat merupakan teman sejati

Isi iklan : Manfaat buku sebagai sumber pengetahuan bagi generasi muda.

Aspek Penilaian Nilai (1-4) Keterangan
a. Kepersuasifan 1 Iklan ini tidak terlalu persuasif karena kurang menekankan pada unsur membujuk. Iklan ini hanya mengatakan bahwa buku yang bermanfaat merupakan teman sejati.
b. Keimperatifan 1 Iklan ini tidak mengandung unsur imperatif.
c. Keberiramaan 1 Iklan ini tidak terlalu menekankan pada unsur keberiramaan, hanya pada makna.
d. Keberkesan 3 Iklan ini cukup berkesan karena menyandingkan buku yang bermanfaat dengan teman sejati.
e. Keringkasan 3 Iklan ini cukup ringkas karena intinya mampu disajikan dalam bentuk yang tidak terlalu panjang.
Jumlah 9 Mengajak Khalayak untuk memilih buku yang bermanfaat jangan hanya komik yang hanya ada cerita tetapi tidak ada memanfaat. Iklan tersebut mengajak kita untuk membaca buku yang bermanfaat.

Iklan 2

Judul iklan : Belajar tanpa sekolah bagaimana memanfaatkan seluruh dunia sebagai ruang kelas anak Anda.

Isi iklan : Belajar tidak harus di ruang sekolah, tapi bisa dimanapun dan kapanpun.

Aspek Penilaian Nilai (1-4) Keterangan
a. Kepersuasifan 1 Iklan ini tidak memuat unsur persuasif.
b. Keimperatifan 1 Dengan hanya terdiri dari tiga kata, iklan ini dapat dikatakan memuat unsur imperatif, seolah-olah berujar bahwa belajar dapat dilakukan tanpa sekolah.
c. Keberiramaan 1 Iklan ini tidak mengandung unsur yang menekankan pada keberiramaan.
d. Keberkesan 4 Iklan ini cukup berkesan karena disajikan hanya dalam tiga kata dalam bentuk padat dan jelas.
e. Keringkasan 2 Iklan ini cukup ringkas karena hanya memuat tiga kata.
Jumlah 9 Maksud dari kalimat tersebut adalah belajar tanpa sekolah berarti mendapatkan ilmu tidak harus dari sekolah, memanfaatkan seluruh dunia sebagai ruang kelas yang berarti menggunakan seluruh aspek yang ada di kehidupan agar bisa menjadi wahana sumber ilmu. Jadi dapat disimpulkan isi dari iklan itu adalah belajar untuk mendapatka ilmu atau pengetahuan tidak harus dari kelas, banyak sekali aspek kehidupan di dunia yang dapat dijadikan sebagai wahana belajar dan wahana berbagi pengetahuan maupun pengalaman, dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman kita akan dapat mengetahui dunia tanpa harus sekolah.

3. Bagaimana dengan pendapat teman-temanmu dari kelompok lain; sama atau berbedakah pendapatnya? Simpulkanlah melalui forum diskusi kelas!

 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 2.8 Secara berkelompok nilailah kualitas kebahasaan dari kedua buah iklan atau poster berikut Halaman 50-52 Bab 2 (Iklan, Sarana Komunikasi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 2.8 Secara berkelompok nilailah kualitas kebahasaan dari kedua buah iklan atau poster berikut Halaman 50-52 Bab 2 (Iklan, Sarana Komunikasi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!