Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Rumuskanlah simpulan berita yang telah kamu dengarkan pada pelajaran sebelumnya Halaman 8-9 Bab 1 (Berita Seputar Indonesia)

  • 4 min read
  • Feb 25, 2021

Questions and Answer Keys in Indonesian for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Summarize the news that you have heard in the previous lesson Page 8-9 Chapter 1 (Berita Seputar Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama JawabanPelajar.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Rumuskanlah simpulan berita yang telah kamu dengarkan pada pelajaran sebelumnya Halaman 8-9 Bab 1 (Berita Seputar Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 1.4

1. Rumuskanlah simpulan berita yang telah kamu dengarkan pada pelajaran sebelumnya. Tentukan topik/judul serta sumber berita itu.

Topik/Judul Sumber Isi/Unsur-Unsur Berita Kesimpulan
Desainer Madiun Ulfa Mumtaza Pamerkan Pesona Busana Batik Khas Jatim https://madiun.solopos.com/read/20190503/516/989532/desainer madiun-ulfa-mumtaza-pamerkan-pesona-busana-batik-khas-jatim Ulfa Mumtaza merupakan salah satu perancang busana muslim asal Madiun. Melalui tema Chondra Anindya Batik dalam show ini, Ulfa ingin menunjukkan batik di wilayah eks-Keresidenan Madiun memiliki produk batik yang tak kalah dengan daerah lain. Ulfa Mumtaza merupakan salah satu perancang busana muslim asal Madiun. Melalui tema Chondra Anindya Batik dalam show ini, Ulfa ingin menunjukkan batik di wilayah eks-Keresidenan Madiun memiliki produk batik yang tak kalah dengan daerah lain.
Perusahaan Sepatu Warren Buffett akan pindahkan produksinya dari China ke Vietnam https:// internasional.kontan.co. id/news/ perusahaan-sepatu-warren-buffett-akan-pindahkan-produksinya-dari-china-ke-vietnam Brooks Running bagian dari perusahaan Warren Buffett Berkshire Hathaway Inc, menyatakan akan mengurangi produksi di China dan memindahkan produksi sepatunya ke Vietnam. Hal ini sebagai dampak perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS). Berita tersebut menyampaikan informasi tentang perusahaan Warren Buffet, Brooks Running yang akan memindahkan produksi sepatunya dari China Ke Vietnam. Hal tersebut merupakan dampak dari perang dagang antar China dan Amerika Serikat.
Ducati Kuasai Free Practice II MotoGP Spanyol, Petrucci Tercepat Sumber : https://sport.detik.com/moto-gp/d-4535215/ducati-kuasai-free-practice-ii-motogp-spanyol-petrucci-tercepat Setelah Honda, kini giliran Ducati yang menguasai latihan bebas MotoGP Spanyol. Danilo Petrucci jadi pebalap tercepat di sesi kedua disusul Andrea Dovizioso. Berita tersebut menginformasikan tentang keberhasilan Danilo Petruci yang merupakan anggota klub motor balap, Ducati. Dengan demikian, Ducati berhasil menguasai sesi latihan, Free Practice MotoGP Spanyol.
Taman Sukowati Sragen, Wisata Perahu, Selfie & Perahu VOC https://soloraya.solopos.com/read/20190503/491/989213/taman-sukowati-sragen-wisata-perahu-selfie-perahu-voc Taman Sukowati Sragen yang dulu dicitrakan negatif kini berbenah. Kini, pengunjung bisa berwisata perahu bebek dengan bayaran seikhla snya, ber-selfie dengan latar belakang payung hingga perahu VOC. Berita di atas menginformasikan tentang perubahan citra Taman Sukowati Sragen yang semula negatif menjadi lebih positif. Pengunjung bisa menikmati beragam pilihan wisata yang lebih ramah keluarga.
PMI Batang Akan Merenovasi Rumah Milik Janda Uzur yang Terbakar https://www.suaramerdeka.com/news/baca/183035/pmi-batang-akan- merenovasi-rumah-milik-janda-uzur-yang-terbakar Ketua PMI Kabupaten Batang Achmad Taufiq melalui Kepala Markas PMI, Kusnadi mengatakan, pihaknya akan segera membantu merenovasi rumah milik Jumi (70), warga Desa Kalisari Rt 09/Rw 03, Kecamatan Reban, yang terbakar habis pada Kamis dinihari, (2/5). Berita tersebut menginform asikan tindakan dari Ketua PMI Batang yang akan segera merenovasi rumah milik Jumi (70), warga Desa Kalisari Rt 09/Rw 03, Kecamatan Reban, yang terbakar habis pada Kamis dinihari, (2/5).

2. Bacakankan kesimpulan itu di depan teman-temanmu. Kemudian, mintalah mereka untuk memberikan tanggapan berdasarkan kelogisan atau kesesuaiannya dengan informasi awal.

Nama Penanggap Isi Tanggapan
Syifa Kesimpulan : Ulfa Mumtaza merupakan salah satu perancang busana muslim asal Madiun. Melalui tema Chondra Anindya Batik dalam show ini, Ulfa ingin menunjukkan batik di wilayah eks-Keresidenan Madiun memiliki produk batik yang tak kalah dengan daerah lain.

Tanggapan : Setiap batik dari masing-masing daerah di wilayah Madiun Raya akan ditonjolkan. Diharapkan batik-batik lokal tersebut bisa lebih dikenal masyarakat luas karena keindahan motifnya. Bagi wanita kebutuhan terhadap fesyen hampir tidak tergantikan. Salah satu fesyen yang menjadi perhatian yaitu fesyen etnik. Karena sebagai warga Madiun dan Indonesia yang baik, kita memiliki kewajiban untuk mengembangkan batik lokal. Karena batik lokal memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan.

Ucok Kesimpulan : Berita tersebut menyampaikan informasi tentang perusahaan Warren Buffet, Brooks Running yang akan memindahkan produksi sepatunya dari China Ke Vietnam. Hal tersebut merupakan dampak dari perang dagang antar China dan Amerika Serikat.

Tanggapan : Amerika Serikat dan China merupakan dua negara dengan perekonomian yang kuat sehingga apapun yang sedang terjadi diantara kedua negara tersebut dapat memberikan dampak kepada negara-negara lain yang berhubungan, khususnya dalam bidang perekonomiannya. Hal yang sedang diperbincangkan dan menjadi kekhawatiran negara-negara lain adalah perang dagang diantara kedua negara tersebut. Awal mula dimulainya perang dagang antara Amerika Serikat dengan China Perang dagang antara Amerika Serikat dengan China akan berefek buruk bagi seluruh dunia. Dengan terjadinya perang dagang ini, beberapa negara terkena dampaknya. Perang dagang antar China dan Amerika Serikat ini akan menyebabkan perlambatan ekonomi global semakin mendalam. Sebagai contoh, terjad inya PHK besar-besaran di pertambangan cobalt dan tembaga yang ada di Kongo dan Zambia karena permintaan dari dua negara tersebut semakin sedikit akibat pengenaan tarif impor yang masuk ke negara tersebut sehingga volume dan harga barang tertahan di level yang rendah. Hal ini juga mempersulit Indonesia untuk mendorong ekspor produk-produknya ke dua negara tersebut dan bisa menjadi sasaran empuk bagi negara-negara impor memasukkan barang ke Indonesia. Terhambatnya ekspor dan impor mengakibatkan neraca perdagangan akan terus berpotensi defisit.

B. 1. Mintalah salah seorang teman untuk membacakan berita yang pernah kamu baca sebelumnya!

2. Manakah kesimpulan berikut yang sesuai dengan informasi dalam berita tersebut?

a. Hujan di Ibu Kota menjadi penyebab banjir di sebagian wilayah Jakarta.

b. Kali Ciliwung bisa menampung curah hujan di sebagian besar wilayah Jakarta.

c. Jakarta merupakan wilayah yang memiliki curah hujan tertinggi di Indonesia.

d. Perlu ada kesadaran dari seluruh warga Jakarta di dalam menanggulangi banjir di wilayahnya.

e. Rata-rata curah hujan di Jakarta lebih tinggi dibandingkan dengan curah hujan di wilayah lain di Indonesia.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Rumuskanlah simpulan berita yang telah kamu dengarkan pada pelajaran sebelumnya Halaman 8-9 Bab 1 (Berita Seputar Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Rumuskanlah simpulan berita yang telah kamu dengarkan pada pelajaran sebelumnya Halaman 8-9 Bab 1 (Berita Seputar Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!