Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi 1 Essay Halaman 82 Bab 1 (Manusia,Tempat,dan Lingkungan)

Diposting pada
Buku IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Questions and Answer Keys to Social Sciences Class 7 Curriculum 2013 2016 Revision Competency Test 1 Essay Page 82 Chapter 1 (Human, Places and Environment) ~ Assalamualikum Semuanya,Kembali lagi Bersama Jawabanpelajar.com.Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi 1 Essay Halaman 82 Bab 1 (Manusia,Tempat,dan Lingkungan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini.Yuk,Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

 

Esai

Jawablah pertanyaan berikut ini!

  1. Indonesia memiliki letak yang sangat strategis dan kekayaan alam yang berlimpah, namun sampai saat ini belum mampu menjadi negara maju. Mengapa demikian?
Baca Juga :

Kita akui, bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat strategis. Negara ini terletak di garis khatulistiwa dimana menjadikan tanah negeri ini subur sekali, serta memiliki kekayaan alam yang begitu sangat melimpah terutama di bidang pertambangan.

           Walaupun demikian, nyatanya Indonesia masih belum mampu untuk menjadi negara maju. Ada banyak alasan yang menjadikan negara ini masih belum bisa dikatakan negara maju, diantaranya rendahnya mutu serta kualitas di bidang pendidikan, pemerintahan, budaya, ilmu, teknologi, sektor industri, serta pertanian pangan dan sejenisnya.

           Selain itu, sifat bangsa ini yang masih mengandalkan impor dan sukar untuk berdiri dibawah kaki sendiri, menjadikan negara ini sulit untuk berkembang. Belum lagi Sumber Daya Alam kita yang justru dikelola negara asing, menjadikan negara ini semakin terpuruk.

Alasan mengapa hingga saat ini Indonesia belum menjadi negara maju adalah :

  • Adanya masalah dari kurangnya kedisiplinan
  • Terdapat sebuah bentuk perilaku dari korupsi
  • Lebih memilih kepercayaan dari adanya sebuah mitos
  • Memiliki sebuah bentuk dari gaya hidup yang dimana gengsi
  • Memilih untuk mendapatkan semuanya serba instan
  • Memiliki sebuah bentuk kekurangan di dalam kesyukuran
  • Dapat dilakukan adu domba
  • Memiliki sifat pemalas
  • Kurangnya sumber daya manusia yang baik
  • Tolak ukur majunya suatu negara tidak hanya dari segi sumber daya alam, namun di tinjau juga dari majunya pendidikan, industri, angka harapan hidup,dan sebagainya.

 

  1. Persebaran penduduk Indonesia belum merata. Sebagian besar penduduk masih terpusat di Pulau Jawa. Bagaimanakah caranya agar terjadi pemerataan penduduk?

Persebaran penduduk Indonesia sangat timpang. Jumlah penduduk Indonesia menurut sensus nasional 2010 adalah 237,64 juta, dan diperkirakan mencapai 255,4 juta pada tahun 2015. Sebagian beaar atau 58% tinggal di pulau Jawa, pulau terpadat di dunia. Padahal pulau Jawa hanyalah pulau terbesar ke lima di Indonesia. Pulau lain yang lebih besar yaitu Sumatera, Kalimantan, Papua dan Sulawesi memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit dari pulau Jawa.

Penyebab ketimpangan ini berbagai macam, pertama adalah kesuburan tanah di pulau Jawa. Namun ketimpangan juga disebabkan karena adanya ketidakmerataan pembangunan. Pulau Jawa memiliki infrastruktur lengkap mulai dari jalan tol, jalur kereta api, bandar udara, pelabuhan, pembangkit listrik hingga pendidikan tinggi yang lengkap. Adanya infrastruktur membuat banyaknya industri dan lapangan kerja yang banyak di pulau Jawa.

Karena perbedaan tingkat pembangunan ini, terjadi migrasi ke pulau Jawa bagi para pelajar dan pencari kerja. Pertambahan penduduk di Jawa juga tinggi karena pendapatan warga dan tingkat kesehatan yang tinggi.

Untuk mencegah penumpukan penduduk di Jawa, maka perlu dilakukan pemerataan pembangunan di luar Jawa.

Pemerataan ini dilakukan misalnya dengan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatar, Jalan Raya Trans Sumatera dan pembangunan perguruan tinggi baru di luar Jawa seperti Institut Teknologi Sumatera (Itera) di Lampung dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan

Dengan adanya pembangunan di luar Jawa diharapkan terbuka lapangan kerja baru, sehingga penyebaran penduduk menjadi lebih merata di Indonesia.

Dengan ketimpangan jumlah yang sangat signifikan, pemerintah perlu memikirkan lebih lanjut bagaimana cara untuk mengatasi penduduk tidak merata tersebut.Beberapa hal bisa dilakukan,seperti :

  1. Pemerataan Pembangunan Infrastruktur

Tidak dapat ditampik bahwa kemajuan pembangunan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mendiami daerah tertentu. Daerah yang memiliki kemajuan lebih dalam hal pembangunan infratruktur dan pelayanan publik lebih diminati oleh masyarakat sebagai tempat tinggal. Minimnya sarana kesehatan, pendidikan, transportasi dan hiburan akan membuat masyarakat mempertimbangkan untuk tinggal di pedesaan atau daerah yang terpencil. Sebaliknya, daerah yang memiliki fasilitas yang lengkap seperti perkotaan lebih disukai masyarakat sebagai tempat tinggal.

Dengan dilakukannya pemerataan pembangunan, membuat gap antara desa dan kota semakin kecil. Dengan cara ini, masyarakat tidak akan enggan untuk tinggal di pedesaan karena fasilitasnya yang sama mumpuni dengan fasilitas di perkotaan.

  1. Mengalihkan Industri Besar ke Daerah

Pemerintah perlu memikirkan untuk mengembangkan industri di daerah, dan tidak hanya terbatas hanya di pulau Jawa saja. Beberapa kebijakan juga perlu dipertimbangkan otoritas untuk memudahkan industri memasarkan produknya meskipun mereka melakukan produksi dari daerah. Misalnya saja dengan membangun infrastruktur jalan untuk memudahkan distribusi, meringankan pajak, dan memperpendek birokrasi.

Dengan cara ini diharapkan investor akan tertarik untuk membangun usaha skala besar mereka di daerah sehingga lambat laun pemerataan penduduk akan tercapai.

  1. Membangun Industri Kecil di Pedesaan

Tiap-tiap desa pada umumnya memiliki sumber daya alam unggulan mereka masing-masing. Dengan membangun industri dari sumber daya tersebut di pedesaan diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di pedesaan.
Dengan membangun industri kecil di pedesaan juga dapat memberi lapangan kerja bagi rakyat di sekitar sehingga mereka bisa maju dan berkembang di desa mereka sendiri tanpa memiliki keinginan untuk pindah ke perkotaan.

  1. Menggalakkan Pariwisata

Papua merupakan pulau di Indonesia yang jumlah penduduknya hanya 0,92% dari jumlah total penduduk di Indonesia. Namun, Papua juga saat ini dikenal dengan kekayaan dan keindahan alamnya yang termashur hingga ke mancanegara.

Hal yang sama dialami oleh Pulau Belitung, yang semula merupakan pulau kecil saat ini sudah ramai dengan penduduk dan wisatawan yang datang mengunjungi pulau Laskar Pelangi tersebut.

Masyarakat juga bisa melakukan promosi kelebihan di daerahnya melalui media blog maupun social media. Dengan cara ini selain dapat memajukan pariwisata suatu daerah, diharapkan juga dapat menarik banyak investor dan memajukan perekonomian suatu daerah, sehingga diharapkan penyebaran penduduk lebih merata.

  1. Promosi Investasi di Tiap-tiap Daerah

Pemerintah bisa melakukan promosi yang berskala internasional untuk mempromosikan celah investasi yang dapat dilakukan di daerah-daerah di Indonesia. Dengan tertariknya investor terhadap suatu daerah di Indonesia, diharapkan akan menciptakan lapangan kerja, memajukan perekonomian di daerah tersebut dan mengundang pendatang untuk tinggal.

  1. Membatasi Investasi di Kota Besar

Pemerintah bisa membatasi investor yang akan menanamkan investasi di kota besar yang sudah padat penduduknya. Misalnya saja jika seorang investor ingin membangun sebuah mal di Jakarta, ada baiknya dialihkan ke daerah lain yang masih sepi pusat perbelanjaan mengingat di Jakarta sudah padat dengan pusat perbelanjaan.

  1. Memisahkan Pusat Pemerintahan dan Pusat Bisnis

Beberapa negara pernah harus mengalami memisahkan daerah antara pusat pemerintahan dan pusat bisnis. Beberapa diantaranya adalah :

  • Amerika Serikat

Sekitar dua abad lalu, Amerika berhasil memindahkan ibu kota mereka dari New York ke Washington DC. Sejak itu, New York menjadi pusat kota bisnis, sedangkan Washington DC menjadi kota pusat pemerintahan

  • Australia

Terpusat antara dua kota Sydney dan Melbourne, yang sudah sama-sama berkembang, Australia akhirnya memilih Canberra sebagai ibu kota negara pada tahun 1927.

  • Brazil

Rio De Jainero merupakan kota yang sangat padat penduduk ketika pemerintah Brazil memutuskan untuk memindahkan ibukota mereka ke kota Brasilia pada tahun 1961. Sejak saat itu, kota Brasilia juga tumbuh menjadi kota yang maju dan berkembang.

  • Malaysia

Menghadapi masalah dengan penduduk yang terlalu padat di Kuala Lumpur, Malaysia akhirnya memindahkan ibu kota mereka pada tahun 1995 ke Putrajaya.

Meski memisahkan pusat bisnis dan pusat pemerintahan bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, namun beberapa negara terdahulu membuktikan bahwa salah satu upaya untuk mengupayakan pemerataan penduduk adalah dengan memisahkan pusat kota bisnis dan pemerintahan agar tidak terpusat pada sat daerah atau satu pulau saja.

 

  1. Mengapa keanekaragaman hayati (flora dan fauna) di Indonesia tergolong sangat tinggi?
  • Karena di Indonesia memiliki sebuah garis wallace dikarenakan Indonesia terdapat dua macam bentuk area, yaitu zona zoogeografi Asia dan juga zona zoogeografi Australasia
  • Karena faktor alam yang terletak di garis khatulistiwa yang sangat mendukung perkembangbiakannya dan letak indonesia yang strategis membuat banyak keanekaragamaan baik asli maupun yang peralihan.
  • Di Indonesia memang terkenang akan keberagaman flora dan faunanya. Terbukti ketika kita berada di kebun binatang atau di wisata tamam flora, ada berbagai macam hewan dan tumbuhan yang cocok hidup di indonesia. Itu pun ada berbagai alasan, antara lain:
  1. Karena kondisi iklim
  2. Suhu
  3. Letak geografis yang sangat strategis
  4. Banyak hutan, laut, dan sungai untuk kelangsungan hidup flora dan fauna.

 

  1. Mengapa budaya Indonesia sangat beranekaragam?
  • Tempat Tinggal 

Salah satu penyebab Indonesia memiliki kebudayaan yang beraneka ragam ialah letak geografis. Sebagai contoh seorang yang tinggal di pesisir pantai memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Berbeda dengan seseorang yang tinggal di dataran yang memiliki mata pencaharian sebagai pekebun atau petani.

  • Pengaruh Luar

Penduduk Indonesia bagian timur biasanya sebagian besar beragama kristen, sedangkan di bagian barat beragama Islam karena terpengaruh bangsa Timur Tengah. Tidak hanya mendapat pengaruh dari pedagang Timur Tengah, Bangsa Indonesia juga mendapat pengaruh dari bangsa barat.

Terutama bangsa portugis dari bangsa barat yang pertama kali menemukan Indonesia. Tidak hanya portugis, Belanda juga memberikan pengaruh yang besar terhadap indonesia karena menjajah dengan jangka waktu lama yaitu sekitar 350 tahun.

  • Keturunan Nenek Moyang

Keturunan biasanya juga memberikan berpengaruh terhadap kepercayaan atau tradisi yang dianut bahkan dalam bahasa. Sebagai contoh, beragamnya bahasa jawa, meskipun memiliki nama bahasa Jawa. Jawa bagian timur dengan Jawa barat nyatanya memiliki perbedaan meskipun sama-sama dari daerah Jawa. Nenek moyang berkomunikasi menggunakan bahasa daerah mereka kemudian ditiru oleh generasi selanjutnya.

  • Suku Bangsa

Suku bangsa memberikan pengaruh terhadap kekayaan budaya. Dari segi kebudayaannya seorang yang bersuku Jawa tentunya berbeda dengan suku di Kalimantan. Mereka mempunyai ciri khas masing-masing yang membuat Indonesia semakin kaya.

  • Kepercayaan

Kepercayaan juga berpengaruh terhadap kebudayaan di Indonesia. Misalnya kepercayaan masyarakat di Bali yang mayoritas hindu menjadikan wilayah Bali sangat identik dengan kebudayaan hindu.

  • Faktor Lokasi.

Berdasarkan sejarahnya, Indonesia sejak dahulu merupakan tempat perdagangan bangsa – bangsa asing. Hal tersebut dikarenakan Indonesia memiliki letak yang strategis dan memiliki banyak sumber kekayaan alam yang dibutuhkan oleh masyarakat dunia saat itu. Kedatangan para pedagang asing yang membawa kebudayaan dan agama mengakibatkan penduduk asli terpengaruh oleh kebudayaan yang baru.

Selain itu Indonesia memiliki berbagai bentang alam dan kondisi fisik wilayah yang berbeda. Akibatnya kebudayaan dari masing – masing daerah berbeda dengan daerah lainnya, menyesuaikan dengan kondisi fisik dan alam dari daerah nya masing – masing. Contohnya adalah bentuk rumah adat di Pulau Jawa berbeda dengan bentuk rumah Adat di Pulau Kalimantan.

  • Faktor perbedaan suku bangsa, agama, adat istiadat dan tradisi.

Kebudayaan dipengaruhi oleh suku bangsa, agama, adat istiadat dan tradisi yang dianut oleh masyarakat nya. Contohnya adalah Agama Hindu dan Buddha banyak meninggalkan hasil kebudayaan berupa patung, dan relief pada dinding candi. Hal ini disebabkan karena sistem kepercayaan Hindu Buddha yang mengangap candi sebagai tempat yang suci dan relief pada dindingnya mengandung berbagai ajaran untuk umatnya.

Keanekaragaman budaya dari suku bangsa dapat kita lihat juga dari perbedaan baju adat, bahasa, kesenian daerah dan makanan tradisionalnya.

  • Karena di Indonesia memiliki sangat banyak pulau yang dimana akan memisahkan berbagai macam kelompok manusia. Sehingga masing-masing dari kelompok manusia akan menciptakan masing-masing budayanya sendiri.

 

  1. Jelaskan dampak dari interaksi keruangan di daerah tempat tinggal kalian!

Interaksi keruangan memberikan gambaran mengenai adanya kondisi saling mempengaruhi dan ketergantungan antarkomponen ruang muka bumi, baik antara faktor alami, faktor alam dengan manusia, alam dengan kondisi sosial budaya, maupun antar faktor sosial.

  • Di daerah tempat tinggalku, banyak lahan pertanian berubah menjadi tempat pemukiman penduduk.

Dalam menganilisis perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman ini, fokus utamanya adalah bagaimana manusia memperlakukan alam lingkungannya.

Jika lahan untuk pertanian semakin berkurang maka resapan air menjadi sangat rendah sehingga air tidak dapat meresap seluruhnya ke dalam lapisan-lapisan tanah dan mengakibatkan banjir jika terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

  • Berkembangnya sarana dan prasarana,perubahan orientasi mata pencaharian,perubahan penggunaan lahan,berkembangnya pusat pusat pertumbuhan,adanya perubahan sosial dan budaya,dan berubahnya komposisi penduduk
  • Terjadinya perubahan dari yang sebelumnya merupakan sebuah laham untuk melakukan pertanian dan juga perkebunan dan kemudian menjadi sebuah tempat bagi manusia untuk bermukim.
Baca Juga : 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi 1 Essay Halaman 82 Bab 1 (Manusia,Tempat,dan Lingkungan), Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana.Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi 1 Essay Halaman 82 Bab 1 (Manusia,Tempat,dan Lingkungan) . Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya.Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *