Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Berlatih Halaman 74 Essai Bab 5 (Selamat Datang Wahai Nabiku kekasih Allah Swt.)

Diposting pada
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Questions and Answers for Islamic Education and Characteristics Class 7 Curriculum 2013 2016 Revision Let’s Practice Page 74 Essays Chapter 5 (Welcome, O Prophet, dear to Allah SWT.) ~ Assalamualikum Semuanya,Kembali lagi Bersama Jawabanpelajar.com.Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Berlatih Halaman 74 Essai Bab 5 (Selamat Datang Wahai Nabiku kekasih Allah Swt.) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini.Yuk,Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

 

III. Uraian

Jawablah soal-soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!

 

  1. Mengapa Nabi Muhammad saw. sangat dipercaya?

Alasan mengapa Nabi Muhammad SAW sangat dipercaya, sebab Nabi Muhammad SAW memiliki gelar Al – Amin yang telah diberikan penduduk Mekkah kepadanya, alasan penduduk Mekkah memberikan gelar ini kepadanya pun karena Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai orang yang Amanah, Jujur, dan sangat bisa dipercaya.

 

  1. Siapakah yang selalu bersalawat kepada Nabi Muhammad saw.?

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (Qs. Al – Ahzab : 56)

            Dari dalil Qs. Al – Ahzab ayat 56, dapat dijelaskan bahwa yang senantiasa bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW yaitu Sang Pencipta alam semesta, para malaikat, serta orang – oran– yang beriman.

 

Baca Juga : 

 

  1. Mengapa Nabi Muhammad saw. melakukan uzlah?

Uzlah memiliki makna sebagai menyendiri atau mengasingkan diri dari masyarakat. Nabi Muhammad SAW sendiri sering melakukan Uzlah, tempat yang sering digunakan Nabi Muhammad SAW untuk melakukan Uzlah yaitu di Gua Hira. Alasan mengapa Nabi Muhammad SAW melakukan Uzlah antara lain :

  • Menghindarkan diri dari kemaksiatan yang merajalela kala itu.
  • Memohon perlindungan dari Allah SWT.
  • Menghindarkan diri dari fitnah.
  • Guna menyembah Allah SWT agar terhindar dari kebobrokan masyarakatnya kala itu.
  • Guna membenahi diri serta mengevaluasi amal ibadah, dsb.

 

  1. Mengapa Nabi Muhmmad saw. berdakwah secara sembunyi?
  • Nabi Muhammad dakwah secara sembunyi-sembunyi bukan karena takut dianiayah kaum kafir quraisy akan tetapi karena blom diperintahkan Allah untuk dakwah secara terang-terangan , selain itu dakwah secara sembunyi-sembunyi merupakan taktik dakwah (strategi dakwah) karena pengikut islam baru sedikit.
  • Nabi Muhammad SAW melakukan dakwah secara sembunyi – sembunyi setelah menerima wahyu yang kedua yaitu Q.S. Al – Muddasir / 74 : 1 – 7. Nabi Muhammad SAW mengajak orang – orang yang terdekat dengannya. Tujuannya agar mereka lebih dulu percaya kepada seruannya dan mengikutinya. Tempat yang beliau pilih untuk berdakwah adalah rumah al – Arqam bin Abil Arqam al Akhzumi.

 

  1. Mengapa Nabi Muhammad saw. melakukan dakwah secara terang-terangan? Jelaskan!

Karena Allah SWT memerintahkan kepada beliau untuk berdakwah secara terang-terangan dalam Wahyu yang Ketiga yaitu Q.S. Al – Hijr/15 : 94 – 95 dan Wahyu yang Keempat, yaitu Q.S. Asy – Syura/26 : 214 – 215. Setelah Rasullulah SAW menerima wahyu tersebut, beliau mulai berdakwah secara terang-terangan.

 

  1. Bagaimana tanggapan kafir Quraisy tentang dakwah Nabi Muhammad saw.?

Tanggapan yang diberikan kafir Quraisy terhadap dakwah Rasullulah SAW adalah Banyak cara yang dilakukan oleh orang – orang kafir Quraisy untuk menghambat dakwah Rasulullah, diantaranya :

  • Mencoba menyuruh pamannya Abu Talib untuk menghentikan dakwah keponakannya itu. Namun Nabi Muhammad menolak dan mengatakan, “Demi Allah, meskipun seluruh anggota keluarga mengucilkanku, aku akan terus berdakwah menyebarkan ajaran Islam.
  • Budak – budak mereka yang masuk Islam dibunuh dan disiksa.
  • Seluruh pengikut Nabi selalu diancam dan diteror agar menolak ajakan Nabi Muhammad Saw
  • Abu Jahal, paman Nabi Muhammad SAW menyewa orang Yahudi untuk mengejek dan mencaci maki Nabi dengan harapan ia berhenti berdakwah.
  • Kaum Quraisy menawarkan harta benda, wanita, dan pangkat agar Nabi mau meninggalkan dakwahnya.
  • Dengan menghalangi dakwah beliau serta mencelakakan nabi dan para pengikutnya.

 

  1. Jelaskan tawaran kafir Quraisy kepada Nabi Muhammad saw. agar tidak berdakwah lagi!

Setelah kafir Quraisy gagal melakukan tekanan, mereka menawarkan harta benda, wanita, dan pangkat agar Nabi mau meninggalkan dakwahnya. Kaum Quraisy mengutus Utbah bin Rabiah untuk menawarkan hal-hal tersebut. Namun, Nabi Muhammad SAW tidak tertarik pada tawaran itu dan terus berdakwah.

 

  1. Sebutkan isi boikot kafir Quraisy kepada umat Islam!

Isi pemboikotan Kafir Quraisy adalah

  • Kaum Quraisy tidak akan menikahi orang Islam.
  • Kaum Quraisy tidak menerima permintaan nikah dari orang Islam.
  • Kaum Quraisy tidak akan melakukan jual beli dengan orang Islam.
  • Kaum Quraisy tidak akan berbicara ataupun menengok orang Islam yang sakit.
  • Kaum Quraisy tidak akan mengantar mayat orang Islam ke kubur.
  • Kaum Quraisy tidak akan menerima permintaan damai dengan orang Islam dan menyerahkan Muhammad untuk dibunuh.

 

  1. Apa yang dimaksud As-Sabiqun al-Awwalun? Sebutkan siapa saja!

As-Sabiqun al-Awwalun adalah orang-orang yang pertama kali memeluk Islam. Mereka adalah Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Talib, Zaid bin Harisah, dan Ummu Aiman.

 

    10. Sebutkan rintangan-rintangan yang dihadapi Nabi Muhammad saw. saat berdakwah!

  • Penghinaan, ancaman dan siksaan terhadap Rasulullah SAW
  • Penghinaan, ancaman dan siksaan terhadap para pengikutnya
  • Bujukan harta, tahta dan wanita
  • Membujuk Nabi untuk bertukar sesembahan
  • Membujuk dan memprovokasi Abu Thalib
  • Pengangsingan dan pemboikotan Bani Hasyim dan Bani Muthalib
  • Menghasut masyarakat Mekkah.
  • Mempengaruhi pimpinan negara-negara tetangga untuk menolak Islam/ orang Islam

 

Baca Juga : 

 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Berlatih Halaman 74 Essai Bab 5 (Selamat Datang Wahai Nabiku kekasih Allah Swt.), Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana.Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Berlatih Halaman 74 Essai Bab 5 (Selamat Datang Wahai Nabiku kekasih Allah Swt.). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya.Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

 

Kata Kunci:

  • jawaban agama kls 7 halaman 74

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *